Langsung ke konten utama

Otomatisasi twitter anda dengan menggunakan Roundteam


Social Media Automation (SMA) selalu menjadi hal yang menarik buat saya. Membuat dan merancang bagaimana sebuah artikel / foto menyebar viral (secara otomatis) merupakan impian saya. Itu sebabnya, saya senantiasa mencari tahu bagaimana mengotomatisasi media sosial.

Salah satu layanan SMA yang sering saya gunakan ialah Roundteam. Roundteam mempunyai layanan untuk melakukan retweet secara otomatis pada setiap tweet yang mengandung keyword yang ditentukan. Roundteam memiliki kemampuan untuk melakukan retweet secara otomatis untuk setiap tweet yang diposting oleh seluruh akun, maupun following atau follower anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah :
  • Login twitter kedalam Roundteam dengan melakukan Sign in with Twitter
  • Tentukan keyword dan query pada twitter
  • Konfigurasi beberapa validasi dan kriteria yang diinginkan.

Namun, 1 hal yang membuat mengapa saya merekomendasikan Roundteam, karena saya masih menggunakan layanan ini secara gratis hingga sekarang. Meskipun dengan fitur yang terbatas.

Pada halaman dashboard, akan terlihat tampilan seperti screenshot dibawah ini :

Pada gambar diatas, terbagi menjadi beberapa bagian yakni :

  • Followed : Menampilkan keyword yang ditentukan untuk melakukan retweet otomatis setiap tweet yang diposting oleh akun yang diikuti.
  • Follower : Menampilkan keyword yang ditentukan untuk melakukan retweet otomatis setiap tweet yang diposting oleh akun yang mengikuti akun anda.
  • Everyone : Menampilkan keyword yang ditentukan untuk melakukan retweet otomatis setiap tweet yang mengandung keyword anda oleh seluruh akun secara global. Pada bagian ini muncul icon gembok yang menandakan fitur tersebut tidak bisa digunakan oleh akun gratis / free. 
  • Direct Messages : Menampilkan setiap Direct Message yang diterima oleh akun, dalam bentuk tweet.
Berdasarkan 4 layanan diatas, saya paling sering menggunakan fitur Follower, karena ini akan memacu follower untuk aktif berkontribusi terhadap suatu akun.

Tester fitur Follower gratis:
Jika anda ingin mencoba tweet ini, anda dapat mengikuti akun @RHrenunganhidup dan tweet sesuatu menggunakan hashtag #RHrenunganhidup
Pada artikel kali ini pula saya akan berbagi trik bagaimana melakukan konfigurasi untuk mengaktifkan fitur Follower. Jika anda sudah melakukan Sign in with Twitter, maka akan tampil sebuah tampilan seperti gambar dibawah ini,



Karena saya ingin menambahkan sebuah fitur yang meretweet setiap tweet yang diposting oleh Follower, maka saya akan menambah baru dengan klik tanda plus ( + ) pada bagian Followers, sehingga akan tampil seperti gambar dibawah ini:
Sesuai gambar diatas, saya akan melakukan konfigurasi untuk setiap tweet follower akun saya yang menggunakan hashtag #LureAlert. Anda dapat meletakkan Query Twitter anda di dalam textbox tersebut

Anda pun dapat menambahkan atau menghapus beberapa validasi seperti gambar dibawah ini


Saya telah melakukan konfigurasi untuk hashtag #LureAlert saya seperti gambar dibawah ini :

Berdasarkan gambar diatas, saya telah membuat validasi dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Tweet yang akan di-retweet secara otomatis maksimal mengandung 3 hashtag.
  • Tweet tidak mengandung konten sensitif.
  • Tweet conversation akan diizinkan untuk diretweet secara otomatis.

Kemudian, anda dapat mengikuti akun @PokeGoIndonesia dan posting tweet mengggunakan hashtag #LureAlert. Pastikan tweet anda lolos validasi ketentuan diatas agar tweet anda dapat di-retweet secara otomatis.

Selamat mencoba,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cari tahu siapa yang menyimpan nomormu dengan trik cerdas ini

Setelah riset sekian lama dan berkepanjangan, akhirnya saya menemukan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini pula, kita dapat mengetahui apakah seseorang tersebut menyimpan nomor saya tidak. 1. Menggunakan aplikasi Line messenger Jika anda menggunakan Line chat pada smartphone, anda dapat mencari tahu siapa saja yang menyimpan nomor anda dengan cara membuka menu yang ditunjuk pada gambar dibawah Kemudian akan tampil siapa saja yang menyimpan nomor saya. Dengan cara ini, kita hanya bisa melihat siapa saja yang menyimpan nomor kita dengan syarat kedua smartphone telah terinstall Line messenger. 2. Menggunakan aplikasi Whatsapp messenger Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp messenger, kita dapat memeriksa apakah seseorang menyimpan nomor kita dengan mengirim Broadcast message. Pertama, kita harus membuat Broadcast grup terlebih dahulu. Sebagai contoh, saya telah membuat broadcast grup seperti

Tips mengoptimasi Top Post pada hasil pencarian hashtag instagram

Instagram ~ Instagram ~ Instagram all the way~ Entah mengapa saya melihat Instagram begitu fenomenal, terutama dari segi bisnis. Mulai dari instagram ads, atau content placement pada akun besar, hingga jual beli ternak follower / like, membuat semakin banyak pengguna menggunakan Instagram. Intinya, kalo mau bisnis, harus punya Instagram. Begitu kata sebagian orang kekinian. Namun yang menarik dari Instagram kali ini ialah bagian Top Post dari pencarian Instagram. Jika anda pernah melakukan pencarian suatu hashtag di Instagram, pada hasil pencarian tersebut akan terbagi menjadi 2 baris, yakni Top Post dan Recent Post. Recent Post : Berisikan foto terkini dan terbaru terkait hashtag yang sedang dicari. Top Post : Berisikan foto yang 'sedang ramai' diperbincangkan dan menjadi trending topik.  Jika twitter memiliki trending topik berdasarkan kata atau hashtag, Instagram pun memiliki konsep trending topik yang berbeda. Setiap hashtag dapat menjadi Top Post. Men